PROFIL MADRASAH


YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DEWI MASYITHOH
Jl. Barokah No. 33 Banyumudal Moga Pemalang


A.    Latar Belakang
MI Dewi Masyithoh 01 didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dimana pada saat itu belum ada sekolah dasar yang bernuansa Islami. Atas dasar tersebut pengurus yayasan Dewi Masyithoh beserta ulama dan tokoh masyarakat sepakat mendirikan sekolah dasar yang bernuansa Islam pada tanggal 8 Januari 1969 dengan nama “Madrasah Ibtidaiyah Dewi Masyithoh” yang beralamat
di Jl. Barokah No. 33 Banyumudal, Moga, Pemalang.

B.     Visi dan Misi
Ø  Visi
Terwujudnya peserta didik yang kuat dalam aqidah, terampil dalam qiro’ah dan unggul dalam prestasi.
Ø  Misi
a.       Terwujudnya generasi umat yang kuat dalam aqidah
b.      Terwujudnya generasi umat yang tekun melaksanakan ibadah wajib maupun sunah
c.       Terwujudnya generasi umat yang santun dalam bertutur dan berperilaku
d.      Terwujudnya generasi umat yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan atau kehidupan mandiri sebagai bekal hidup.

Yayasan Dewi Masyithoh memiliki enam lembaga pendidikan yaitu; 2 RA (Raudlotul Atfal), 2 TK (Taman Kanak-kanak) dan 2 MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan 2 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).




MADRASAH IBTIDAIYAH DEWI MASYITHOH 01
Jl. Barokah No. 33 Banyumudal Moga Pemalang

A.    Sistem Pendidikan
Mengingat banyaknya dalil-dalil dalam Alquran dan hadis tentang kewajiban mencari ilmu bagi setiap muslim, baik ilmu qouliyah (tertulis dalam Alquran) maupun qouniah (terjabar di alam) maka mendirikan sebuah lembaga pendidikan adalah kewajiban bagi kaum muslimin.
Hal tersebut mendorong untuk mendirikan sekolah dasar yang berorientasi menjadi sekolah yang berkualitas dan menjadi pelopor bagi sekolah-sekolah Islam lainnya.
Ø  Tujuan dan target pendidikan MI Dewi Masyithoh 01
1.      Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif (PAKEM, CTL)
2.      Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melalui bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
3.      Membiasakan perilaku Islami di lingkungan madrasah dan rumah.
4.      Meningkatkan prestasi akademik siswa dengan nilai rata-rata 7,5.
5.      Meningkatkan prestasi akademik siswa di bidang seni dan olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi.

B.     Implementasi Program
Garis-garis besar program MI Dewi Masyithoh 01 sebagai berikut :
1.      Orientasi siswa baru
Suatu program awal tahun bentuk kelas I yang dilakukan selama 3 hari. Program ini dimaksudkan untuk menyiapkan siswa yang senang ke sekolah, nyaman, krasan di sekolah, serta siswa kenal lingkungan sekolah.
2.      Kurikuler
Program ini diarahkan untuk mewujudkan peserta didik menjadi generasi  yang :
a.       Akhlak karimah
·         Salat dengan kesadaran
·         Hormat dan patuh pada orang tua
·         Disiplin
·         Percaya diri
·         Budaya bersih
·         Senang membaca
·         Berperilaku baik
b.      Akademis optimal
·         Nilai ujian akhir di atas KKM
·         Hafal Juz Amma
3.      Ekstrakurikuler
Program ini merupakan upaya sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Harapan madrasah akan kebutuhan aktualisasi diri dapat terpenuhi melalui program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 10.35-11.18 WIB. Program-program yang ada antara lain :
a.       Kepramukaan
b.      Seni Baca Alquran
c.       Seni Rebana
4.      Kegiatan Khusus
Kegiatan ini merupakan kegiatan diluar kurikuler dan ekstrakurikuler. Program meliputi semua kegiatan pembelajaran anak non akademis. Program ini bertujuan untuk membentuk kematangan kepribadian anak.
Program ini meliputi :
a.       Home visit (kunjungan ke rumah siswa)
b.      Jumat bersih
c.       Mading (Majalah dinding)
d.      Ramadhan Camp
e.       Berbagai lomba PHBI / PHBN
f.       Peringatan hari besar Islam
g.      Olimpiade MIPA
h.      Porseni MI
i.        Karya Wisata
j.        Wisuda dan Khotmul Juz Amma

C.    Kurikulum

1.       KTSP 
2.   Kurikulum Khas
a.       Ibadah Praktis
Pengajaran ibadah praktis adalah pengajaran agama yang diorientasikan pada pengamalan agama secara praktis sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan pelengkap dan aplikasi dari pembelajaran agama Islam di kelas
Tujuan :
Ø  Siswa hafal dengan baik dan benar doa-doa dalam amaliah sehari-hari
Ø  Siswa hafal doa-doa di dalam berwudhu dan sesudah wudhu
Ø  Siswa hafal doa qunut, asma’ul khusna

Materi :
Ø  Doa-doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasulullah saw
Ø  Bacaan dalam wudlu dan doa sesudah wudhu
Ø  Doa qunut
Ø  Asmaul khusna
b.      Tadarus Juz Amma
Latar belakang
Rasululah saw bersabda : “Sebaik-baik kamu adalah yang belajar Alquran dan yang mengajakannya” (H.R. Muslim).
Sebagai bentuk amalan dari hadis di atas adalah MI Dewi Masyithoh 01 melaksanakan program pengajaran tadarus Juz Amma sebagai program ungulan dan utama :
Tujuan :
Ø  Mendorong siswa untuk lebih mencintai Alquran sebagai bacaan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Mengajarkan siswa mampu membaca Alquran dengan benar dan tartil
Ø  Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan surat-surat pilihan dalam Alquran
Program Pengajaran
Ø  Tadarus setiap hari mulai jam 07.15-07.30 WIB.
Ø  Kelas I surat Al Fatihah – Al Qori’ah
Ø  Kelas II surat Al-adiyat – Al Insyirah
Ø  Kelas III surat Ad Duha – Al Fajr
Ø  Kelas IV surat Al Qasyiyah – Al Insyiqoq
Ø  Kelas V surat Al Mutaffifin – Al Takwir
Ø  Kelas VI surat Abasa
c.       Perpustakaan
Dalam hal ini perpustakaan MI Dewi Masyithoh 01 telah memperlakukan jam perpustakaan sebagai berikut :
1.      Memadukan kegiatan perpustakaan dengan bidang studi lain. Misalnya tugas-tugas terstruktur dengan harus diselesaikan dengan menggunakan koleksi-koleksi pustaka
2.      Membuat jadwal kunjungan kelas
d.      Salat Dhuha dan salat duhur untuk kelas 4, 5, dan 6
e.       Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik yang mendidik dan membina di MI Dewi Masyithoh 01 berjumlah 12 orang, 1 orang TU Pustakawan
f.      Kegiatan belajar mengajar
Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai pukul 07.00-12.15 WIB

D.    Struktur Organisasi



E.     Program Penunjang
1.      Perpustakaan
Pengembangan koleksi perpustakaan mendapat perhatian yang cukup besar guna memacu minat baca siswa, meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Koleksi yang dimiliki dari data terakhir berjumlah kurang lebih 2.500 buku.
Selain itu suasana dan kondisi perpustakaan juga mendapat perhatian, misalnya :
Ø  Penataan ruang
Ø  Kebersihan ruang
Ø  Dan pelayanan prima
2.      Mushola
Agar pelaksanaan salat Dhuha dan salat Dhuhur berjama’ah dapat dilakukan dengan maksimal, sekolah membangun mushola, sehingga anak akan terbiasa dengan salat berjama’ah.
3.      Bimbingan dan Konseling
Layanan BK, bertujuan untuk memberikan layanan konseling pada peserta didik di lingkungan madrasah, ruang lingkupnya meliputi :
a.       Layanan bimbingan belajar
b.      Layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi siswa

4.      Pusat Sumber Belajar
Pusat sumber belajar adalah tempat sumber-sumber informasi yang sekaligus merancang, menyiapkan serta mengorganisasikan segala sesuatu yang mampu menunjang aktivitas belajar mengajar, baik ketika berada di kelas ataupun di luar kelas.
Media pendidikan yang telah dimiliki MI Dewi Masyithoh 01 antara lain :
a.       OHP
b.      Tape recorder
c.       Pocket chart
d.      Alat-alat peraga IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Agama
e.       LCD Proyektor
f.       TV dan lain-lain 

No comments:

Post a Comment

Monggo Komentarnya ....

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PPDB TAHUN 2022/2023  Silahkan Pendaftaran sudah mulai dibuka !!!