YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DEWI MASYITHOH
Jl. Barokah No. 33 Banyumudal Moga Pemalang
A. Latar Belakang
MI Dewi Masyithoh 01 didirikan untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat. Dimana pada saat itu belum ada sekolah dasar
yang bernuansa Islami. Atas dasar tersebut pengurus yayasan Dewi Masyithoh
beserta ulama dan tokoh masyarakat sepakat mendirikan sekolah dasar yang
bernuansa Islam pada tanggal 8 Januari 1969 dengan nama “Madrasah Ibtidaiyah
Dewi Masyithoh” yang beralamat
di Jl. Barokah No. 33 Banyumudal, Moga,
Pemalang.
B. Visi dan Misi
Ø Visi
Terwujudnya peserta didik yang kuat dalam aqidah,
terampil dalam qiro’ah dan unggul dalam prestasi.
Ø Misi
a.
Terwujudnya generasi umat yang
kuat dalam aqidah
b.
Terwujudnya generasi umat yang
tekun melaksanakan ibadah wajib maupun sunah
c.
Terwujudnya generasi umat yang
santun dalam bertutur dan berperilaku
d.
Terwujudnya generasi umat yang
unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke
pendidikan yang lebih tinggi dan atau kehidupan mandiri sebagai bekal hidup.
Yayasan Dewi Masyithoh memiliki enam lembaga pendidikan yaitu; 2 RA
(Raudlotul Atfal), 2 TK (Taman Kanak-kanak) dan 2 MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan
2 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
MADRASAH IBTIDAIYAH DEWI MASYITHOH
01
Jl. Barokah No. 33 Banyumudal Moga Pemalang
A. Sistem Pendidikan
Mengingat banyaknya dalil-dalil dalam
Alquran dan hadis tentang kewajiban mencari ilmu bagi setiap muslim, baik ilmu
qouliyah (tertulis dalam Alquran) maupun qouniah (terjabar di alam) maka mendirikan
sebuah lembaga pendidikan adalah kewajiban bagi kaum muslimin.
Hal tersebut mendorong untuk
mendirikan sekolah dasar yang berorientasi menjadi sekolah yang berkualitas dan
menjadi pelopor bagi sekolah-sekolah Islam lainnya.
Ø Tujuan dan target pendidikan MI Dewi Masyithoh 01
1.
Mengoptimalkan proses
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif (PAKEM, CTL)
2.
Mengembangkan potensi akademik,
minat dan bakat siswa melalui bimbingan dan konseling dan kegiatan
ekstrakurikuler.
3.
Membiasakan perilaku Islami di
lingkungan madrasah dan rumah.
4.
Meningkatkan prestasi akademik
siswa dengan nilai rata-rata 7,5.
5.
Meningkatkan prestasi akademik
siswa di bidang seni dan olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi.
B. Implementasi Program
Garis-garis besar program MI Dewi
Masyithoh 01 sebagai berikut :
1.
Orientasi siswa baru
Suatu program awal tahun bentuk kelas
I yang dilakukan selama 3 hari. Program ini dimaksudkan untuk menyiapkan siswa
yang senang ke sekolah, nyaman, krasan di sekolah, serta siswa kenal lingkungan
sekolah.
2.
Kurikuler
Program ini diarahkan untuk
mewujudkan peserta didik menjadi generasi yang :
a.
Akhlak karimah
·
Salat dengan kesadaran
·
Hormat dan patuh pada orang tua
·
Disiplin
·
Percaya diri
·
Budaya bersih
·
Senang membaca
·
Berperilaku baik
b.
Akademis optimal
·
Nilai ujian akhir di atas KKM
·
Hafal Juz Amma
3.
Ekstrakurikuler
Program ini merupakan upaya sekolah
untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Harapan madrasah akan kebutuhan
aktualisasi diri dapat terpenuhi melalui program ini dilaksanakan setiap hari
Sabtu pukul 10.35-11.18 WIB. Program-program yang ada antara lain :
a.
Kepramukaan
b.
Seni Baca Alquran
c.
Seni Rebana
4.
Kegiatan Khusus
Kegiatan ini merupakan kegiatan
diluar kurikuler dan ekstrakurikuler. Program meliputi semua kegiatan
pembelajaran anak non akademis. Program ini bertujuan untuk membentuk
kematangan kepribadian anak.
Program ini meliputi :
a.
Home visit (kunjungan ke rumah siswa)
b.
Jumat bersih
c.
Mading (Majalah dinding)
d.
Ramadhan Camp
e.
Berbagai lomba PHBI / PHBN
f.
Peringatan hari besar Islam
g.
Olimpiade MIPA
h.
Porseni MI
i.
Karya Wisata
j.
Wisuda dan Khotmul Juz Amma
C. Kurikulum
1. KTSP
2. Kurikulum Khas
a.
Ibadah Praktis
Pengajaran ibadah praktis adalah
pengajaran agama yang diorientasikan pada pengamalan agama secara praktis
sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan pelengkap dan aplikasi dari
pembelajaran agama Islam di kelas
Tujuan :
Ø Siswa hafal dengan baik dan benar doa-doa dalam amaliah sehari-hari
Ø Siswa hafal doa-doa di dalam berwudhu dan sesudah wudhu
Ø Siswa hafal doa qunut, asma’ul khusna
Materi :
Ø Doa-doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasulullah saw
Ø Bacaan dalam wudlu dan doa sesudah wudhu
Ø Doa qunut
Ø Asmaul khusna
b.
Tadarus Juz Amma
Latar belakang
Rasululah saw bersabda : “Sebaik-baik kamu adalah yang belajar Alquran
dan yang mengajakannya” (H.R. Muslim).
Sebagai bentuk amalan dari hadis di
atas adalah MI Dewi Masyithoh 01 melaksanakan program pengajaran tadarus Juz
Amma sebagai program ungulan dan utama :
Tujuan :
Ø Mendorong siswa untuk lebih mencintai Alquran sebagai bacaan dan
pedoman dalam kehidupan sehari-hari
Ø Mengajarkan siswa mampu membaca Alquran dengan benar dan tartil
Ø Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan
surat-surat pilihan dalam Alquran
Program Pengajaran
Ø Tadarus setiap hari mulai jam 07.15-07.30 WIB.
Ø Kelas I surat Al Fatihah – Al Qori’ah
Ø Kelas II surat Al-adiyat – Al Insyirah
Ø Kelas III surat Ad Duha – Al Fajr
Ø Kelas IV surat Al Qasyiyah – Al Insyiqoq
Ø Kelas V surat Al Mutaffifin – Al Takwir
Ø Kelas VI surat Abasa
c.
Perpustakaan
Dalam hal ini perpustakaan MI Dewi
Masyithoh 01 telah memperlakukan jam perpustakaan sebagai berikut :
1.
Memadukan kegiatan perpustakaan
dengan bidang studi lain. Misalnya tugas-tugas terstruktur dengan harus
diselesaikan dengan menggunakan koleksi-koleksi pustaka
2.
Membuat jadwal kunjungan kelas
d.
Salat Dhuha dan salat duhur
untuk kelas 4, 5, dan 6
e.
Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik yang mendidik dan membina di MI Dewi
Masyithoh 01 berjumlah 12 orang, 1 orang TU Pustakawan
f.
Kegiatan belajar mengajar
Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai pukul
07.00-12.15 WIB
D. Struktur Organisasi
E. Program Penunjang
1.
Perpustakaan
Pengembangan koleksi perpustakaan
mendapat perhatian yang cukup besar guna memacu minat baca siswa, meningkatkan
pengetahuan dan wawasan. Koleksi yang dimiliki dari data terakhir berjumlah
kurang lebih 2.500 buku.
Selain itu suasana dan kondisi
perpustakaan juga mendapat perhatian, misalnya :
Ø Penataan ruang
Ø Kebersihan ruang
Ø Dan pelayanan prima
2.
Mushola
Agar pelaksanaan salat Dhuha dan
salat Dhuhur berjama’ah dapat dilakukan dengan maksimal, sekolah membangun
mushola, sehingga anak akan terbiasa dengan salat berjama’ah.
3.
Bimbingan dan Konseling
Layanan BK, bertujuan untuk
memberikan layanan konseling pada peserta didik di lingkungan madrasah, ruang
lingkupnya meliputi :
a.
Layanan bimbingan belajar
b.
Layanan konseling kesulitan
belajar dan masalah pribadi siswa
4.
Pusat Sumber Belajar
Pusat sumber belajar adalah tempat
sumber-sumber informasi yang sekaligus merancang, menyiapkan serta
mengorganisasikan segala sesuatu yang mampu menunjang aktivitas belajar mengajar,
baik ketika berada di kelas ataupun di luar kelas.
Media pendidikan yang telah dimiliki MI Dewi Masyithoh
01 antara lain :
a.
OHP
b.
Tape recorder
c.
Pocket chart
d.
Alat-alat peraga IPA,
Matematika, Bahasa Indonesia dan Agama
e.
LCD Proyektor
f.
TV dan lain-lain
No comments:
Post a Comment
Monggo Komentarnya ....